Penerapan Data Mining dalam Menentukan Potensi Data Penjualan Tim Telemarketing di Bank ABC dengan metode Clustering dan Algoritma K-Means Menggunakan Software Rapidminer

Penulis

  • Irlon Dahil Institut Teknologi Budi Utomo

Abstrak

PT. Bank ABC merupakan salah satu perusahaan perbankan yang terbesar di indonesia. Perusahaan ini memiliki banyak cabang yang tersebar dan memiliki produk penjaminan BPKB pada umumnya. Namun di balik kemudahan dan kecepatannya, muncul masalah di mana jumlah data transaksi yang bertambah semakin banyak seiring dengan pertumbuhan jumlah nasabah dan dilihat dari banyaknya cabang yang melakukan pencairan mengakibatkan data yang akan di telpon oleh tim telemarketing akan menjadi lebih banyak sehingga memungkinkann sebagian data tidak terhubungi. Oleh karenya dibutuhkan prediksi penjualan guna mempermudah tim telemarketing agar dapat menambah angka penjualan dengan cara memprediksi data penjualan yang berpotensi besar melakukan transaksi penacairan.Untuk mengetahuinya digunakan teknik clustering data mining dan algoritma K-Means. Dalam prosesnya, data tersebut di kelompokan dalam beberapa Cluster dan hasilnya akan langsung ditampilkan pada software berupa grafik. Dari grafik tersebut mampu kita tarik kesimpulan bahwa Hasil dari penelitian ini adalah dimana cluster 0 lebih banyak dibandingkan dengan cluster 1 dengan akurasi perhitungan 62.1%.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-16