Kampus Merdeka : Perspektif filsafat Ki Hajar Dewantara

Penulis

  • Rendy Pribadi Institut Teknologi Budi Utomo

Abstrak

Penelitian ini berupaya mengkaji keberadaan konsep kampus merdeka dalam penerapanya di kampus.. Metode penelitian ini adalah metode analisis konsep dengan desain analisis generik untuk mengidentifikasi makna esensial dari suatu konsep kemudian mengujinya dalam persepktif filsafat ki Hajar Dewantara. Fisafat Ki Hajar Dewantara mengusung pendidikan progresif yakni pemeratan pendidikan dari segi fasilitas seperti Gedung sekoah, karakter, dan metode mengajar. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa merdeka dalam perspektif Ki Hajar Dewantara mencakup segi memikirkan kembali fungsi gedung sekolah, karakter guru, dan mengajar dengan hati belajar termasuk memilih gaya belajar sesuai dengan kerja otak dan melibatkan diri dalam aspek sosial merupakan perpaduan dari terapan perspektif Ki Hajar Dewantara. Maka dalam hal ini sistem pembelajaran dan redefinisi Gedung sekolah, karakter guru, dan metode mengajar mengupayakan makna belajar yang lebih sistematis yang mengakibatkan keleluasaan dalam belajar.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-02