PERFORMA MESIN BERBASIS TORSI DENGAN VARIASI CELAH KATUP TIPE SOHC VARIO eSP 110 CC
Abstrak
Setiap kendaraan bermotor memiliki spesifikasi ukuran celah katup yang berbeda-beda tergantung jenis kendaraan. Penyetelan celah katup masuk dan buang memungkinkan mesin memiliki performa mesin yang baik, tenaga yang maksimal dan hemat bahan bakar. Kinerja mesin sangat tergantung pada setelan celah katup dalam mengatur perbandingan bahan bakar yang berlangsung menuju ruang bakar dan sisa hasil pembakaran yang dikeluarkan. Perubahan buka tutup katup yang dapat memberikan dampak terhadap jumlah pemakaian bahan bakar. Pengujian yang dilakukan pada mesin Motor Vario eSP 110 CC dengan variasi celah katup masuk yang dilakukan, torsi mesin mengalami peningkatan seiring dengan meningkatnya putaran. Dan daya yang dihasilkan juga mengalami peningkatan. Torsi tertinggi 8,14 Nm didapatkan pada bukan katup masuk/buang 0,13 dan 0,27 mm pada putaran 5990 rpm pemakaian bahan bakar 0,0103 kg/hp.jam. Konsumsi bahan bakar terendah didapat pada bukan katup masuk/buang 0,11 dan 0,20 pada torsi 7,94 Nm pada putaran 5930 dengan daya terendah 10,46 Hp.