EVALUASI TINGGI MUKA AIR BANJIR SUNGAI TAMAN UNTUK PENENTUAN TINGGI LEVEL JALAN TOL PADA PROYEK PROBOLINGGO – BANYUWANGI STA. 49+200-STA 49+275
Abstrak
Sungai dapat didefinisikan sebagai saluran di permukaan bumi yang terbentuk secara alamiah yang melalui saluran itu air dari darat menglir ke laut.Permukaan bumi secara alami mengalami erosi begitu muncul ke permukaan. Sedangkan Banjir adalah aliran air sungai yang tingginya melebihi muka air normal, sehingga melimpasdari palung sungai menyebabkan adanya genangan pada lahan rendah di sisi sungai. Faktor alamiah terjadinya banjir adalah curah hujan yang sangat banyak dan tidak diimbang idengan daerah resapan air yang baik. Tergenangnya suatu jalan disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah banjir lokal dan banjir kiriman. Analisis hidrologi dan drainase dibuat untuk memenuhi pekerjaan perencanaan teknik DED (Detail Engineering Design) jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi seksi II Sta.46+100–Sta.105+600. Berdasarkan analisis perencanaan hidrologi dan drainase merupakan gambaran umum dari perencanaa hidrologi dan drainase pada pekerjaan jalan tol Probolinggo –Banyuwangi yang meliputi analisis hidrologi drainase, perhitungan Evaluasi Tinggi Muka Air Banjir Sungai Taman Untuk Penentuan Tinggi Level Jalan Tol Pada Proyek Probolinggo – Banyuwangi Sta. 49+200-Sta 49+275. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Hidrograf Satuan Sintetik Nakayahsu untuk debit banjir dan rumus Manning untuk menghitung tinggi muka air sungai Deli pada bagian yang akan menentukan tinggi level jembatan.