PERANCANGAN UPPER STRUCTURE JEMBATAN PCI-GIRDER FLY OVER GRAHA PADMA KECAMATAN KRAPYAK KOTA SEMARANG BARAT

Penulis

  • Setiadi Institut Teknologi Budi Utomo

Abstrak

Jembatan layang/fly over graha padma adalah jembatan beton yang menggunakan gelagar tipe I. Bentuk gelagar yang menyerupai huruf I dan diperkuat dengan menggunakan tendon prategang menjadikan jembatan ini sebagai salah satu alternatif desain untuk jembatan jalan raya / fly over. Untuk menerapkannya perlu adanya kajian perancangan yang matang pada jembatan tersebut. Dalam kajian ini dilakukan peninjauan respon struktur jembatan terhadap pembebanan statis yang meliputi lendutan, gaya normal, momen lentur dan tegangan. Terkait dengan pembebanan jembatan untuk PCI (Prestress Concrete type I)-Girder sendiri terdiri dari berat beban sendiri, berat beban mati tambahan, berat beban hidup, beban gempa, berat beban angin yang ditimbulkan oleh kendaraan dan beban akibat gaya pengereman kendaraan. Referensi yang digunakan dalam perancangan jembatan layang/fly over Graha Padma ini berdasarkan peraturan – peraturan yang berlaku dalam perancangan struktur jembatan jalan raya, antara lain sebagai berikut : RSNI T-02- 2005 Pembebanan untuk Jembatan, RSNI2 1725 : 2012 Pembebanan untuk Jembatan, Bridge Management System 1992 (BMS 1992). Tujuan dari kajian ini adalah didapatkannya hasil desain yang efektif dan efisien serta kokoh dengan perhitungan analisis yang benar sesuai dengan aturan yang berlaku.

Biografi Penulis

Setiadi, Institut Teknologi Budi Utomo

Jembatan layang/fly over graha padma adalah jembatan beton yang menggunakan gelagar tipe I. Bentuk gelagar yang menyerupai huruf I dan diperkuat dengan menggunakan tendon prategang menjadikan jembatan ini sebagai salah satu alternatif desain untuk jembatan jalan raya / fly over. Untuk menerapkannya perlu adanya kajian perancangan yang matang pada jembatan tersebut. Dalam kajian ini dilakukan peninjauan respon struktur jembatan terhadap pembebanan statis yang meliputi lendutan, gaya normal, momen lentur dan tegangan. Terkait dengan pembebanan jembatan untuk PCI (Prestress Concrete type I)-Girder sendiri terdiri dari berat beban sendiri, berat beban mati tambahan, berat beban hidup, beban gempa, berat beban angin yang ditimbulkan oleh kendaraan dan beban akibat gaya pengereman kendaraan. Referensi yang digunakan dalam perancangan jembatan layang/fly over Graha Padma ini berdasarkan peraturan – peraturan yang berlaku dalam perancangan struktur jembatan jalan raya, antara lain sebagai berikut : RSNI T-02- 2005 Pembebanan untuk Jembatan, RSNI2 1725 : 2012 Pembebanan untuk Jembatan, Bridge Management System 1992 (BMS 1992). Tujuan dari kajian ini adalah didapatkannya hasil desain yang efektif dan efisien serta kokoh dengan perhitungan analisis yang benar sesuai dengan aturan yang berlaku.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-02