EVALUASI STRUKTUR UTAMA JEMBATAN RANGKA BAJA KELAS A BENTANG 60M DI KEPULAUAN TALAUD SULAWESI UTARA
Abstrak
Jembatan adalah salah satu bangunan infrastruktur yang sangat penting dalam menghubungkan dua wilayah yang dipisahkan oleh perairan. Kondisi layanan jembatan mempunyai umur layanan yang perlu diperhatikan dalam mempertahankan kemampuan jembatan harus mempunyai struktur yang kuat dan tahan lama, serta tidak mudah rusak. Peningkatan volume kendaraan yang melewati jalan akan meningkatkan juga beban yang harus didukung oleh jembatan. Jembatan mempunyai masa layan tertentu, sehingga perlu inovasi dalam perancangan, pembangunan dan pemeliharaan jembatan, agar dapat berfungsi optimal dan umur layan memadai. Jembatan rangka baja merupakan salah satu bentuk struktur jembatan yang paling umum digunakan. Dinamakan jembatan rangka (warren truss) dikarenakan struktur atas jembatan terdiri dari elemen struktur rangka batang yang disambung pada titik-titik buhul (joint). Titik-titik buhul tersebut berupa engsel atau dianggap engsel baik melalui pelat buhul maupun secara langsung Dalam jembatan rangka gaya-gaya luar bekerja hanya pada titik-titik buhul, yang kemudian akan di distribusikan ke tumpuan melalui elemen batang yang berupa gaya aksial tarik atau tekan saja. Dalam evaluasi desain struktur atas ini jembatan rangka baja dilakukan perhitungan untuk mendapatkan besarnya kuat tekan ultimit dengan menggunakan metode Load and Resitance Factor Design (LRFD), dan dengan bantuan program SAP2000 serta menyajikannya dalam bentuk tabel. Perhitungan menggunakan menggunakan profil weldedbeam dengan preliminary design terlebih dahulu.