PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA MAHASISWA S1 TEKNIK MESIN INSTITUT TEKNOLOGI BUDI UTOMO
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan mahasiswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang menjadi salah satu mata kuliah dasar umum di perguruan tinggi. Metode yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Responden dalam penilitian ini melibatkan mahasiswa semester dua jurusan S1 Teknik Mesin di kampus Institut Teknologi Budi Utomo Jakarta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dalam bahasa Inggris yang melingkupi empat keterampilan berbahasa yakni mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Penelitian menunjukan kesadaran responden sangat tinggi terhadap pentingnya belajar dan menguasai Bahasa Inggris. Hasil studi menyatakan pelafalan kosakata menjadi hal penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Terdapat beragam metode pembelajaran, namun metode membaca masih mendominasi hasil dari penilitian ini. Responden memilih mengkaji ulang wacana dalam upaya memperbaiki kendala belajar Bahasa Inggris. karena dengan metode membaca responden pun dapat memperbaiki pelafalan yang keliru.