PERENCANAAN STRATEGI DAN IMPLEMENTASI UMKM GO-DIGITAL STUDI KASUS UMKM ESKIME INDONESIA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi go digital yang perlu diterapkan pada UMKM Eskime Indonesia untuk peningkatan daya saing UMKM baik dari faktor internalnya maupun faktor eksternalnya. Daya saing usaha mikro dapat diwujudkan dengan penggunaan teknologi informasi untuk meningkatkan transformasi bisnis, ketepatan dan efisiensi pertukaran informasi, selain itu penggunaan teknologi informasi juga dapat mempeluas jaringan pemasaran. Metode yang digunakan untuk perencanaan dan strategi UMKM go digital menggunakan SWOT dan requirement planning sedangkan metode pengembangan sistem menggunakan metode rapid application development. Perencanaan dan strategi go digital UMKM Eskimo ini memerlukan dua metode pengumpulan data yaitu analisis SWOT dan requirement planning untuk mengetahui go digital yang harus di implementasikan. Sedangkan untuk mendukung perencanaan strategi dan implementasi UMKM Go-Digital dari faktor internal yaitu menggunakan analisis SWOT dan sistem penjualan berbasis web sedangkan untuk mendukung faktor eksternalnya diperlukan pengimplementasian strategi digital marketing.