EVALUASI FASILITAS PELAYANAN PEJALAN KAKI DI TERMINAL KALIDERES JAKARTA BARAT
Abstrak
Terminal merupakan salah satu bagian sistem transportasi yang berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan penumpang. Kenyamanan dan kecepatan pergerakan penumpang sangat menentukan kapasitas sebuah terminal. Terminal Kalideres merupakan Terminal Tipe A yang melayani angkutan umum AKAP, AKDP, Bus Tansjakarta dan Angkot. Kondisi terminal saat ini dengan area menaikkan dan menurunkan penumpang dilakukan di tempat yang sama membuat sirkulasi/alur pergerakan bus terjadi konflik dan menimbulkan kurangnya kenyamanan dan keamanan penumpang, belum teraturnya zona pelayanan yang menjadi keluhan penumpang dan Kapasitas parkir di dalam Terminal Kalideres juga masih diperlukan penataan kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi sirkulasi dan parkir serta alternatif penaatan parkir Terminal Kalideres.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode evaluasi sirkulasi dan parkir. Pengumpulan data primer dengan melakukan observasi di lapangan dan survey volume kendaraan keluar-masuk terminal serta durasi parkir kendaraan. Pengumpulan data sekunder berupa data operasional penumpang selama 2 tahun terakhir, data keluarmasuk kendaraan selama 2 tahun terakhir, data trayek BUS AKAP-AKDP dan Flow Kendaraan Eksisting Terminal Kalideres. Metode analisis data menggunakan perhitungan karakteristik parkir dan perhitungan kebutuhan ruang parkir.
Hasil penelitian dibutuhkan penambahan petak parkir sebanyak 4 SRP baru untuk parkir AKAP dengan luas lahan parkir sebesar 170 m2 sehingga total lahan parkir AKAP akan seluas 4.137 m2, sedangkan untuk AKDP dibutuhkan penambahan 35 SRP baru dengan luas lahan parkir sebesar 402,5 m2 sehingga total lahan parkir seluas 1.147,99 m2 dengan alternatif pembaharuan layout Terminal Kalideres dengan memisahkan antara area kedatangan penumpang, kendaraan penjemput dan angkot berada di zona terbuka (A), sedangkan area keberangkatan penumpang dan jalur keluar bus berada di zona tertutup (B).