ANALISA PENGARUH BESARNYA BEBAN TERHADAP UNJUK KERJA MOBIL SUZUKI ERTIGA 1400 CC
Abstrak
Mobil saat ini di buat dengan jenis yang banyak dan berbeda-beda di sesuaikan dengan kekuatan dan kemampuan beban angkut yang dibawanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh beban terhadap performance (unjuk kerja) daya, torsi dan konsumsi bahan bakar spesifik. Jenis beban yang di uji adalah beban penumpang dengan variasi beban 100 kg, 150 kg, dan 200 kg. Pengujian bahan bakar spesifik pada kendaraan roda empat 1400 cc 4 silinder adalah bahan bakar pertalite. Pada pengujian daya dan torsi dengan beban penumpang diuji pada mobil SE dengan alat Dynotest yang terhubung langsung pada komputer. Komputer akan mencatat perubahan grafik untuk peningkatan daya dan torsi dari mesin dengan variasi putaran 2000 rpm, 2500 rpm, 3000 rpm, 3500 rpm sampai 4000 rpm. Sementara konsumsi bahan bakar spesifik dihitung dari pengujian lapangan dengan objek tol Cibitung – Cilincing. Dari hasil penelitian daya tertinggi dihasilkan oleh beban penumpang 100 kg dengan 111,4 HP pada putaran 4000 rpm lebih besar dibandingkan dengan beban 150 kg dengan 110,6 HP pada putaran 4000 rpm dan 200 kg dengan 109,9 HP pada putaran 4000 rpm. Sedangkan hasil penelitian torsi tertinggi dihasilkan oleh beban 200 kg dengan 226,2 Nm pada putaran 3000 rpm lebih besar dibandingkan dengan beban 150 kg 225,3 Nm pada putaran 3000 rpm dan 100 kg 224,6 Nm pada putaran 3000 rpm. Hasil pengujian konsumsi bahan bakar spesifik penggunaan bahan bakar pertalite tertinggi dihasilkan oleh beban penumpang 200 kg pada jarak tempuh 50 km dengan rata-rata 0,14 l/km atau 7 liter dalam 50 km lebih banyak dibandingkan dengan beban 150 kg pada jarak tempuh 50 km dengan rata-rata 0,12 l/km atau 6 liter dalam 50 km dan 100 kg pada jarak tempuh 50 km dengan rata-rata 0,08 l/km atau 4 liter dalam 50 km. Untuk mendapatkan analisa yang lebih lengkap masih diperlukan beberapa pengamatan, diantaranya pada jalan lintasan, jalan yang mendaki, ataupun jalan yang tidak rata.