EVALUASI KERUSAKAN PERKERASAN JALAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) PADA RUAS JALAN TOL JAKARTA – CIKAMPEK JALUR B STA 63+070 - 64+070

Penulis

  • Ngirtjuk Hirwo Institut Teknologi Budi Utomo

Abstrak

Jalan Tol Jakarta–Cikampek atau Jalan Tol Japek adalah sebuah jalan tol dari Cawang menuju Cikampek. Panjang
total jalan tol ini adalah 73 kilometer. Jalan tol Jakarta-Cikampek mulai diuji coba pada tanggal 21 September
1988, dan diresmikan penggunaannya oleh Presiden Soeharto pada tanggal 19 November 1988. Namun jalan tol
Jakarta-Cikampek sering dilalui oleh kendaraan bermuatan tinggi sehingga mengakibatkan kerusakan jalan yang
dapat mengganggu keselamatan dan kenyaman pengguna jalan dan mempengaruhi sistem drainase perkerasan
jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dimensi, jenis–jenis dan tingkat kerusakan pada ruas jalan
tersebut. Penelitian dilakukan dengan cara survey untuk mendapatkan data primer sehingga dapat dijadikan acuan
untuk penanganan pemeliharaan perkerasan jalan pada ruas jalan tersebut.Metode yang digunakan adalah metode
PCI (pavement condition index) dan rekomendasi jenis penanganan dan pemeliharaan sesuai nilai PCI.
Berdasarkan hasil penelitian nilai PCI sepanjang jalan tol Jakarta-Cikampek pada Sta 63+070 s/d 64+070
didapatkan jenis kerusakan tambalan (patching), retak memanjang/melintang, lubang, retak kulit buaya, dan
kerusakan kegemukan (bledding) dengan nilai rata-rata PCI 80,64 yang masuk kedalam kategori very good (sangat
baik). Pada penelitian ini memiliki nilai PCI yang berbeda yang diambil sampel terbagi atas 10 sampel kerusakan
dan dipatkan nilai PCI berbeda-beda. Nilai PCI pada sampel (1,2, dan 6) memiliki hasil PCI baik dengan
rekomendasi jalan pemeliharaan overlay, sampel (3,4,5, dan 7) memiliki hasil PCI sempurna dengan rekomendasi
jalan pemeliharaan rutin.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-03