ANALISIS KUALITAS PRODUK SENSOR PARKING DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENGENDALIAN KUALITAS STATISTIK
Abstrak
Produk yang berkualitas akan membuat konsumen merasa terjamin dalam menggunakannya, sedangkan
produk yang tidak berkualitas membuat konsumen enggan, bahkan beralih ke produk lain sehingga akan
membuat perusahaan merugi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk pada PT. Whetron
Jaya indonesia yang memproduksi sensor parking. sesuai standar prosedur sehingga didapatkan hasil produksi
yang maksimal. Oleh sebab faktor manusia amat berperan, maka diperlukan juga untuk meningkatkan
kesadaran operator produksi akan pentingnya SOP (Standard of Procedure). Metode Pengendalian Kualitas
Proses Statistik diterapkan untuk menjaga agar kualitas produk sesuai dengan spesifikasi dari awal proses
produksi sampai akhir proses produksi. Terdapat 5 jenis kecacatan yang ditemukan pada produk sensor dengan
kecacatan yang paling dominan yaitu jenis cacat goresan sebanyak 39,18%, cacat peel off sebanyak 21,65%,
self test sebanyak 15,46%, jenis cacat transverse tubule sebesar 13,4% dan kecacatan jumping wave dengan
persentase 10,31%.2. Faktor penyebab terjadinya jenis kecacatan goresan pada sensor parking adalah
diakibatkan oleh 3 faktor yaitu manusia, metode, dan lingkungan. Usulan perbaikan dalam meningkatkan
kualitas produk sensor parking adalah dengan memberikan pengarahan kepada operator produksi akan
pentingnya SOP serta meningkatkan pengawasan dari kinerja operator produksi, meningkatkan kinerja dari
operator sesuai dengan prinsip kerja perusahaan menurut 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin),
memberikan pengarahan pada saat briefing sebelum bekerja untuk mengevaluasi kerja dari masalah-masalah
yang terjadi pada hari sebelumnya dan rutin melakukan olahraga bersama untuk menjaga kebugaran serta
memberikan peringatan dan teguran kepada operator produksi yang pada saat bekerja tidak mengikuti SOP
dengan baik dan benar.