ANALISIS SENTIMEN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA PADA SURVEI APLIKASI CEISA DIREKTORAT JENDERAL BEA DAN CUKAI

Penulis

  • Meta Eri Safitri
  • Agnia Dzikri Almadani Institut Teknologi Budi Utomo

Abstrak

Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai merupakan unit IT dibawah Direktur Jenderal Bea dan Cukai yang terus mendukung transformasi DJBC menjadi data driven organization. Dimana data driven organization mendukung paradigma baru yang menggunakan big data dalam menganalisis suatu masalah dan diharapkan hasil analisisnya dapat dijadikan rencana strategis untuk kepentingan organisasi. Setiap tahun di DJBC dilakukan survei layanan kepuasan pengguna aplikasi CEISA. Data survei yang dihasilkan saat ini memiliki output jawaban yang sangat beragam. Sehingga cukup sulit untuk mengklasifikasikan terkait hasil dari survei tersebut. Berdasarkan permasalahan yang telah dijelaskan tersebut, maka perlu adanya analisis sentimen tingkat kepuasan pengguna pada survei kepuasan pengguna aplikasi CEISA DJBC. Metode yang dipakai dalam penelitian adalah adalah Knowledge Discovery in Database (KDD). Adapun tahapan dari metode KDD yaitu Data Selection, Preprocessing, Transformation, Data Mining Interpretation/Evaluasi sehingga dari metode tersebut dapat menghasilkan Knowledge. Algoritma yang digunakan dalam penelitian ini adalah Algoritma Naïve Bayes. Telah dilakukan analisis sentimen tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi CEISA di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yang terdiri dari sentimen positif dan sentimen negatif. Dari hasil pengujian untuk nilai accuracy 83.97%, untuk nilai precision yaitu 80.99% pada class positif 80.18 % pada class negatif 88,95%, sedangkan nilai recall 90,55 pada class positif dan 77,27% untuk nilai class negatif.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-29